:: Telp (0644) 531755 Email home(at)unisai.ac.id
Info Kampus
Sunday, 21 Apr 2024
  • Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia Tahun Akademik 2024-2025 dimulai pada Tanggal 1 Maret s.d 25 Juli 2024
18 June 2022

Suyitno: PTKI Harus Mampu Menjawab Tantangan Zaman dan Melakukan Inovasi Pembelajaran di Era Digital

Saturday, 18 June 2022 Kategori : Berita

BIREUEN I IAIA– Kampus IAI Al-Aziziyah Samalanga menggelar webinar nasional dengan tema “Penguatan Kelembagaan Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0”. Seminar tersebut mengundang pembicara utama Prof. Dr. Suyitno, M.Ag, Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Agama RI.

“Alhamdulillah, acara ini dengan tema “Penguatan Kelembagaan Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0” berlangsung lancar dan sangat antusiasnya peserta yang mengikutinya baik mahasiswa, dosen dan masyarakat pada umumnya dengan pemateri utama Prof. Dr. Suyitno, M.Ag, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, di samping juga di isi pemateri lainnya,” ungkap Tgk. Mursalin, MH selaku Kabag Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga, Jum’at, (17/6/2022).

Selain Direktur PTKI, Tgk. Mursalin mengatakan seminar tersebut juga mengundang Tgk. Iskandar Zulkarnaen, MA, Ph.D (Dosen Universitas Malikussaleh Lhokseumawe), Dr. Tgk. Muntasir A Kadir, MA (Pembina LPI Al-Aziziyah Samalanga), Dr. Tgk. Saiful Bahri, MA (Dekan FDK IAIA Samalanga), Tgk. Muhammad Abrar Azizi, M. Sos (Rektor IAIA Samalanga).

Bapak Suyitno dalam paparannya mengapresiasi langkah yang dilakukan kampus IAI Al-Aziziyah Samalanga sebagai kampus berbasis pesantren mampu melakukan interasi ilmu dan inovasi juga melakuan inisaisi dan responsi menghadapi tantangan yang komplek baik secara kelembagaan maupun secara kontek penguatan kurikulum pembelajaran dan lain-lain.

“Era digital seperti saat kampus sebagai perguruan tinggi harus mampu bersaing dan mampu melakukan inovasi berbasis teknologi dan digital. Kini Perguruan tinggi saat ini menghadapi kajian keilmuan yang semakin beragam. Kemajuan teknologi telah menciptakan kopentensi-kompetensi yang harus dimiliki setiap orang yang ingin menjadi bagian dari kemajuan tersebut,” paparnya.

Suyitno berharap kampus harus mampu dan siap melakukan perubahan dengan cepat serta harus mampu memprediksi kebutuhan pasar dan beradaptasi dengan layanan digital.Tgk. Muntasir atau akrab disapa Ayah Muntasir menjelaskan perkembangan IAI Al-Aziziyah Samalanga dan sepak terjangnya juga harapan almukarram Abu MUDI dengan keberadaan integrasi ilmu via IAIA Samalanga

“Abu berharap kehadiran IAIA Samalanga mampu melahirkan generasi pendidik yang religius dan agamis. Namun diharapkan kepada pendidik untuk ikhlas dalam mendidik agar lahir generasi yang unggul dan profesional,” pintanya yang juga Ketua NU Bireuen itu.

Sementara itu Tgk. Iskandar dalam paparannya menyebutkan era seperti saat ini penting pendidikan berbasis digital dan salah satunya dengan pendidikan tinggi pembelajaran dengan daring juga beberapa hal lainnya terkait dengan dunia pendidikan inovasinya berbasis teknologi digital.

“Kampus era digital seperti saat ini Tinggi harus memiliki sarana dan prasarana yang memenuhi standar, perlu pengelolaan dan pembiayaan yang akuntabalitas serta memperkuat jejaring nasional dan internasional, apabila inovasi dan terobasan ini tidak diimplementasikan sulit untuk meraih kemajuan ke arah yang lebih baik di era ini,” ulasnya.