:: Telp (0644) 531755 Email home(at)unisai.ac.id
Info Kampus
Sunday, 08 Sep 2024
  • Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia Tahun Akademik 2024-2025 dimulai pada Tanggal 1 Maret s.d 25 Juli 2024
9 June 2024

Dosen tetap UNISAI Sampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda III STISNU Aceh

Sunday, 9 June 2024 Kategori : Berita

Banda Aceh | Dosen Tetap Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia (UNISAI) Dr Tgk Muslem Hamdani MA menyampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda III Sekolah Tinggi Islam Syariah Nahdatul Ulama  (STISNU) Aceh, Minggu 9 Juni 2024 di Permata Hati.

Dalam orasi ilmiahnya Dr Muslem yang juga merupakan Ketua PW PERGUNU Aceh berjudul tantangan lulusan sarjana dan solusinya.

“Ini adalah momen penting yang menandai akhir dari sebuah perjalanan pendidikan yang panjang dan penuh dedikasi. Namun, ketika kita melangkah keluar dari pintu kampus yang kita cintai, kita juga menghadapi tantangan-tantangan yang tak terelakkan di dunia nyata, “ujarnya.

Sebagai lulusan sarjana, kita dihadapkan pada tantangan-tantangan yang beragam dan kompleks. Salah satunya adalah persaingan yang semakin ketat di pasar kerja. Di era globalisasi ini, para lulusan harus mampu bersaing dengan individu dari berbagai disiplin ilmu.

Kesuksesan hari ini pada hakikatnya bukanlah kesuksesan kita mahasiswa yang di wisuda, kesuksesan ini merupakan kesuksesan orang tua kita dalam memberikan kita pendiskan dan kesuksesan guru kita yg rela membimbing dan mengajarkan kita, orang tua kita kadang ada yg hanya menamatkan SD bahkan ada yg tidak pernah mengenal pendidik formal tapi mampu menyukseskan anaknya menjadi sarjana, pertanyaan sekarang apakah kita nantinya bisa sesukses Meraka tidak, ini jawaban ada pada diri kita, lanjut Muslem

Maka mahasiswa dalam meraih kesuksesan perlu memiliki
kemampuan untuk beradaptasi, berinovasi, dan belajar secara kontinu menjadi kunci kesuksesan di dunia yang terus berubah dan berkembang.

Oleh karena tantangan yang semakin komplek di era digital ini, dalam rangka pengembangan diri dalam meraih kesuksesan tentu harus punya ketrampilan dan kepiawan pada diri pribadi masing-masing, sedikitnya ada beberapa hal berikut ini yang harus dimiliki di antaranya:

Piawai dalam berkomunikasi, piawai dalam membangun relasi, tidak malas, tidak ada kata-kata Saya tidak bisa’!. Jangan takut, pengecut, yang paling penting jangan bakhil, dan jadilah manusia yang luhur dalam urusan dunia dan memiliki cita-cita yang tinggi

Mari kita bersama-sama menjelajahi masa depan dengan optimisme dan semangat yang tak kenal lelah. Terima kasih.
Hidup lulusan sarjana!