Laporan Evaluasi Capaian Kinerja Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Al-Aziziyah, bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program dalam mencapai visi, misi, serta tujuan yang telah ditetapkan. Evaluasi ini mencakup aspek kebijakan tata pamong, kurikulum, pembelajaran, pengelolaan sumber daya, dan sistem penjaminan mutu internal.
Pendahuluan laporan menyoroti pentingnya evaluasi sebagai alat strategis untuk mengidentifikasi keberhasilan dan kelemahan, serta merancang perbaikan berkelanjutan. Proses evaluasi menggunakan kerangka Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan siklus evaluasi, perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring, melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni.
Pelaksanaan evaluasi dilakukan secara berkala melalui Audit Mutu Internal (AMI), Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), dan Rapat Tindak Lanjut (RTL). Tahapannya meliputi pengumpulan data, analisis, diskusi, serta perencanaan perbaikan. Evaluasi mengutamakan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan orientasi pada mutu berkelanjutan.
Hasil evaluasi menunjukkan keberhasilan pada beberapa aspek, seperti kurikulum yang sesuai standar nasional dan program magang yang efektif. Namun, beberapa kelemahan ditemukan, seperti kurangnya konsistensi dalam implementasi kebijakan, lemahnya sistem monitoring, dan rendahnya partisipasi alumni dalam tracer study.
Rekomendasi strategis yang diusulkan mencakup peningkatan pelatihan bagi dosen, penyusunan kurikulum berbasis kebutuhan industri, optimalisasi sistem monitoring berbasis teknologi, dan pengembangan strategi komunikasi alumni. Langkah ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas tata kelola, pembelajaran, dan layanan akademik.
Kesimpulannya, laporan ini menegaskan pentingnya komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan untuk menjadikan Program Studi PAI sebagai program unggulan yang mampu beradaptasi dengan tuntutan zaman dan menciptakan lulusan berkualitas. Evaluasi ini diharapkan menjadi panduan strategis dalam mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional